Tips Memilih Mesin Usaha HARGA MURAH

memilih mesin murah

Memilih mesin adalah investasi bagi bisnis Anda. Mesin yang Anda beli bukan sekali pakai. Anda akan menggunakan mesin tersebut dalam jangka waktu yang lama. Anda membeli mesin tentu juga berharap mesin tersebut bisa membantu dan meningkatkan usaha Anda. Karena itu, membeli mesin tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ada sebagian orang yang salah kaprah dalam membeli mesin. Ia hanya mempertimbangkan faktor harga saja, tanpa mempertimbangkan bahwa mesin adalah investasi bagi bisnisnya. Ia akan senang jika ditawari mesin harga murah. Ujung-ujungnya, dikemudian hari hanya penyesalan saja yang didapat.

Bagaimana memilih mesin harga murah, tapi bisa menjadi investasi bisnis yang berharga ?

1. Lihat Merek

Merek mesin bisa menunjukkan bagaimana kualitas mesin tersebut. Merek membawa citra bagi perusahaan. Merek terkenal tidak akan sembarangan mengeluarkan produk. Harga murah yang diberikan oleh produsen yang memiliki merek terkenal bisa Anda percaya. Setidaknya mereka tidak akan mengeluarkan produk berkualitas rendah, karena bisa merusak citra produk lainnya.

Melihat merek adalah cara termudah untuk melihat kualitas mesin. Tapi jangan meninggalkan tips lain di bawah ini.

Bagaimana jika ada mesin murah, tapi tidak ada mereknya atau produsennya tidak jelas. Wah, kalau yang ini jangan dibeli deh… Ingat, Anda beli mesin untuk investasi. Anda harus tahu kualitas mesin itu dan siapa yang membuat. Sehingga, jika sewaktu-waktu mesin rusak, spare part lebih mudah didapat dari penjual

2. Lihat Spesifikasi Mesin

Anda harus melihat spesifikasi mesin. Spesifikasi biasanya terdiri dari : kapasitas, bahan, dimensi, power, dsb. Perhatikan semuanya, apakah sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Kapasitasnya memadai apa tidak, listrik dan bahan bakar cocok apa tidak dengan kondisi Anda. Lihat juga bahan mesin terbuat dari apa (baja, stainless steel, kayu, dll).

3. Lihat Garansinya

Perhatikan apakah mesin murah tersebut ada garansinya atau tidak. Jika ada, berapa lama. Dengan melihat ada garansi atau tidak, Anda akan tahu seberapa yakin dealer / distributor mesin tersebut akan kualitas barang yang dijual. Distributor tidak akan mengambil resiko dengan mesin yang tidak berkualitas. Karena itu ia tidak akan memberi garansi produk tersebut.

4. Spare Part dan Layanan Purna Jual

Mesin yang Anda beli tentu ada saatnya mengalami kerusakan dan Anda membutuhkan spare part dan perbaikan. Mesin murah yang akan Anda beli hendaknya juga ada spare part dan proses perbaikan juga mudah dilakukan. Tanyakan hal ini kepada penjual. Jika spare part, layanan purna jual dan proses perbaikan sulit didapat, maka Anda akan beresiko di kemudian hari

Mengapa Ada Mesin Harga Murah ?

Pertanyaan yang menggelitik adalah mengapa ada mesin murah dan ada yang mahal ? Padahal fungsinya sama. Misalnya saja ada mesin es krim 3 kran yang harganya Rp 70 juta, Rp 45 juta, Rp 29 juta dan bahkan Rp 15 juta. Jika membeli mesin tersebut, bukankah lebih baik memilih yang harganya paling murah ? Kan fungsinya sama ? Eit… tunggu dulu….

Seperti yang saya katakan di awal bahwa membeli mesin adalah investasi bagi bisnis Anda. Karena itu membeli mesin tidak bisa hanya berdasar pada fungsi mesinnya saja. Lihat juga kualitas mesin, kapasitas mesin, spare part dan layanan purna jualnya. Dan yang penting juga adalah, mesin tersebut sudah teruji apa belum.

Sebuah mesin bisa berharga murah kemungkinan penyebabnya antara lain :

1. Tanpa Merek

Kalau seperti ini biasanya produk bajakan. Namanya produk bajakan tentu kualitas juga dibawah standart. Ini biasa untuk produk mesin import. Di negara tertentu banyak penjiplakan produk mesin oleh industri rumah tangga. Yang pada akhirnya kualitas diabaikan.

2. Merek Palsu

Penjual mesin yang nakal bisa melakukan ini, misalnya dengan cara membuat stiker merek tertentu dan menempelkannya pada mesin tertentu. Bisa juga dengan cara menempel stiker baru pada mesin bekas

3. Bahan Dikurangi Kualitasnya

Untuk beberapa mesin, produsen bisa mengurangi harga dengan mengganti bahan mesin. Misalnya yang semua stainless steel, diganti dengan plat besi. Tentu harganya bisa diturunkan, kan ?

4. Kapasitas lebih kecil

Kapasitas lebih kecil pasti harga lebih rendah. Seperti mesin vacuum frying kapasitas 1,5 kg tentu beda harganya dengan mesin vacuum frying yang 10 kg

5. Teknologi yang berbeda

Teknologi dan cara kerja mesin yang berbeda juga menyebabkan harga mesin berbeda. Amati mesin yang Anda beli, apakah manual, semi otomatis atau full otomatis. Dan lihat bagaimana ia bekerja. Hal-hal semacam ini akan menentukan harga jual mesin, karena komponen mesin jauh berbeda. Sebagai contoh, ada mesin cup sealer penutup gelas yang semi otomatis dan ada juga cup sealer yang full otomatis

6. Mesin Bekas

Anda pernah ditawari barang bekas ? Pasti murah, kan ? Jika Anda mendapati mesin harga murah, silahkan tanya kepada penjualnya apakah mesin masih baru apa sudah bekas. Ingat, mesin bekas bisa kelihatan baru dengan ‘dipermak’ tampilan luarnya. Hal ini sangat mudah di zaman seperti ini (Oya… yang pasti Maksindo menjual mesin baru, dan tidak menerima mesin bekas)

Beli mesin boleh dengan harga murah, tapi ingat saja bahwa membeli mesin adalah sebuah investasi bisnis untuk jangka panjang. Karena itu jangan hanya mempertimbangkan masalah harga, tapi juga faktor lainnya.

Semoga bermanfaat….

Salam sukses

AL ARIF (Toko Mesin Maksindo)